|

Sidang Raya ke-26 World Communion of Reformed Churches (WCRC)

LEIPZIG.PGI.OR.IDSejak 29 Juni-7 Juli 2017 berlangsung Sidang Raya ke-26 World Communion of Reformed Churches (WCRC) di Gereja St. Nikolas dan Congress Center Leipzig, Jerman.  Sidang mengangkat tema: Living God, Renew and Transform Us.

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah pembukaan yang berlangsung di Gereja St. Nikolas. Para delegasi, pandu, dan semua tamu yang hadir harus melewati proses keamanan oleh sejumlah polisi karena ibadah ini juga dihadiri oleh Presiden Jerman yang baru terpilih, Frank Walter Steinmeier.

Ibadah dipimpin oleh para delegasi dari berbagai negara dan menggunakan berbagai bahasa, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Indonesia. Khotbah dibawakan oleh Pdt. Jerry Pilay, Presiden WCRC. Bahan Alkitab yang menjadi landasan refleksi dari Mikha 4:1-5.

Dalam khotbahnya, dia menghimbau seluruh yang hadir untuk dapat menjadi Gereja yang Hidup, yang diperbaharui dan ditransformasi oleh Allah untuk menjadi berkat bagi sesama. Gereja diajak untuk bersama-sama menyatakan keadilan dan perdamaian bagi seluruh ciptaan.

Ibadah diiringi oleh orkestra musik dan paduan suara dari St. Nikolas Church. Selain menyanyikan lagu-lagu dalam ibadah, mereka juga menyanyikan beberapa lagu dari J. S. Bach dan Felix Mendelsshon-Bartholdy.

Usai ibadah, Presiden Jerman Frank Walter Steinmeier menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, Frank mendukung WCRC dan mengharapkan tema yang dipakai kiranya dapat menjadi nyata di dunia ini. (Vanya A. Ginting)