Rekrutmen Staf Pelaksana Program Sekretariat Umum PGI
JAKARTA,PGI.OR.ID-Majelis Pekerja Harian-Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPH-PGI) membuka kesempatan berkarya Oikumenis untuk gereja dan masyarakat di lingkungan Sekretariat Umum PGI. Kesempatan ini terbuka bagi setiap warga Gereja yang berminat mengembangkan karier dan pelayanannya di Indonesia dan di seluruh dunia.
Posisi yang tersedia adalah tiga orang Sekretaris Eksekutif Bidang (SE), Satu orang Direktur Yakoma dan satu orang kepala Bagian Keuangan. Bidang, Biro, dan Unit Kerja dalam Sekretariat Umum PGI bertugas untuk mengimplementasi amanat PPTB – PGI 2024-2029 hasil Sidang Raya XVIII PGI 2024.
A. Sekretaris Eksekutif BIDANG KEESAAN DAN PEMBARUAN GEREJA (SE-KPG)
Memimpin Bidang KPG yang bertanggungjawab memastikan berjalannya fungsi keesaan dan relasi oikoumenis PGI, melalui, membarui, membangun dan mempersatukan gereja dengan sorotan khusus kepada kenyataan persekutuan di dalam pluralitas. Bidang ini akan menggarap program-program keesaan gereja (internal dan eksternal), pembaruan pemikiran teologi, pendidikan, pembinaan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, serta Pendidikan Kader Oikumene. Bertanggung jawab kepada Sekretaris Umum PGI.
B. Sekretaris Eksekutif BIDANG KEADILAN DAN PERDAMAIAN (SE-KP)
Memimpin Bidang KP yang bertanggungjawab memastikan berjalannya fungsi Keadilan dan Perdamaian, yaitu berperan-serta dan melayani dalam masyarakat yang sedang berada dalam proses mewujudkan masyarakat berkeadaban dengan memberi tekanan pada keadilan, pelayanan dan penegakan HAM, harkat dan martabat manusia. Bidang ini akan menggarap masalah-masalah politik, demokratisasi, advokasi, legislasi nasional, penegakan HAM, keadilan dan perdamaian.
C. Sekretaris Eksekutif BIDANG KESAKSIAN DAN KEUTUHAN CIPTAAN (SE-KKC)
Memimpin Bidang KKC yang bertanggungjawab memastikan berjalannya fungsi Kesaksian dan Keutuhan Ciptaan (KKC), yaitu memberitakan Injil kepada segala makhluk sebagai pelaksanaan misi Allah dalam kehidupan bersama ciptaan lainnya. Bidang ini akan menggarap masalah-masalah Pekabaran Injil dalam konteks masyarakat majemuk serta meningkatkan hubungan kerjasama lintas agama, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, keutuhan ciptaan, agraria dan masyarakat adat. Bertanggung jawab kepada Sekretaris Umum PGI.
D. Direktur Yakoma
Memimpin Yakoma yang bertanggungjawab memastikan berjalannya program dan kegiatan yang menunjang komunikasi, informasi PGI baik ke dalam dan keluar dalam bentuk penerbitan dan pengelolaan media komunikasi dan audio visual. Serta pelatihan media komunikasi.
E. Kepala Bagian Keuangan
Memimpin Bagian Keuangan yang bertanggungjawab mengkoordinasi & memfasilitasi pelaksanaan kebijakan di bidang keuangan, menyusun rencana, mengelola dan mengendalikan keuangan, melaksanakan penatausahaan dan pelaporan keuangan, menyiapkan pengelolaan pelaksanaan anggaran & perbendaharaan, menyiapkan pelaksanaan verifikasi, akuntasi, evaluasi serta mengembangkan kebijakan & prosedur keuangan serta mengawasi semua aktivitas keuangan perusahaan.
F. Kepala biro Litbang (Penelitian dan Pengembangan)
Memimpin penelitian dan pengembangan terkait program Bidang, Biro dan Unit Kerja dalam Sekretariat Umum PGI; sesuai dengan kebutuhan panggilan dan tugas gereja; melaksanakan program secara efektif dan efisien; melakukan koordinasi
KRITERIA UMUM
Kriteria Umum: (Berlaku bagi semua Bidang dan Biro)
- Anggota jemaat dari Gereja anggota PGI dan mendapat Surat Rekomendasi dari/dan ditandatangani oleh Pimpinan Sinode Gereja yang bersangkutan
- Mempunyai pengalaman sebagai tenaga penuh waktu dalam pelayanan Sinode di gereja yang bersangkutan, sedikitnya lima tahun (dibuktikan dengan surat keterangan)
- Pernah terlibat dalam program/kegiatan-kegiatan oikoumenis (disebutkan dalam biodata)
- Pendidikan minimal Strata Satu (S1)
- Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter atau layanan kesehatan
- Berusia 30 – 45 tahun
- Memiliki pemahaman yang memadai terkait bidang/biro yang dilamar, dengan membuat karya tulis 3 – 4 halaman folio (khusus untuk SE dan Direktur Yakoma)
- Memiliki pengetahuan yang memadai tentang gerakan oikoumene pada aras lokal, nasional dan internasional: berbagai aliran di dalam dan sekitar gereja, serta pemahaman tentang keberagaman latar belakang (tradisi) gereja-gereja.
- Memiliki integritas, spiritualitas dan komitmen kristiani yang mendalam, serta kepribadian yang matang dan bertanggungjawab
- Menguasai serta aktif dalam komunikasi dan administrasi berbahasa Inggris
- Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim, serta lintas bidang, menghormati budaya orang lain, bekerja inklusif, penyesuaian diri dalam konteks multi budaya, ras dan agama.
- Memiliki wawasan nasional dan internasional
- Memiliki kemampuan “fund raising” atau penggalangan dana eksternal.
- Memiliki pengalaman manajerial serta merancang, melaksanakan, mengawasi, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan keuangan bidang bersangkutan, serta dapat bekerja dibawah tekanan.
- Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan yang terkait dengan Bidang yang dilamar, maupun lintas bidang / biro
- Mampu mengembangkan jejaring dan kerjasama, di dalam maupun luar negeri, dalam rangka implementasi program untuk bidang terkait yang dilamar, pada aras Nasional, Regional, dan Internasional.
- Mampu mengoperasikan program-program computer (excel, word, spreadsheet, ppt, dsb), dan berbagai aplikasi office, serta menguasai komunikasi internet.
- Bersedia tinggal menetap di Jakarta selama dinas dan bersedia menandatangani surat kesediaan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk tidak merokok dalam lingkungan kerja.
- Tidak sedang dalam masa studi
- Bersedia menandatangani Pakta Integritas
KRITERIA KHUSUS
A. Kriteria Khusus SE Bidang KPG
1) Berlatar belakang pendidikan teologi (minimal S1 Teologi) dan memiliki kemampuan berpikir teologis.
2) Memiliki pengetahuan tentang kemandirian teologi, liturgi dan spiritualitas, pembinaan warga gereja dan pendidikan agama Kristen.
3) Mampu menganalisa dan memahami perkembangan yang terjadi, khususnya dalam gereja-gereja menyangkut berbagai aspek tersebut di nomor 2.
4) Mampu memelihara dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan gereja-gereja dan antar gereja-gereja anggota PGI serta gereja-gereja lainnya.
B. Kriteria Khusus SE Bidang KP
1) Memiliki pengetahuan yang mamadai tentang isu-isu politik, kemasyarakatan, penegakkan hukum dan HAM, keadilan dan perdamaian, hubungan internasional, dalam perspektif pelayanan Gereja di tengah masyarakat.
2) Mampu memahami dan menganalisis arah perkembangan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, serta perkembangan global yang berimbas pada aras lokal, wilayah dan nasional.
3) Mampu memelihara, mengembangkan dan memperkuat hubungan dankerjasama dengan lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang penegakkan hukum/HAM pada aras nasional, regional dan internasional
4) Mampu mengembangkan pandangan dan gagasan teologi yang tepat dalam kerangka tanggungjawab gereja dalam kehidupan ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya dan agama kerangka tanggungjawab Gereja membaharui kehidupan masyarakat.
5) Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan yang terkait dengan Bidang Pelayanan.
C. Kriteria Khusus SE Bidang KKC
1) Berlatar belakang pendidikan teologi (minimal S1 Teologi)
2) Berpengetahuan yang mamadai tentang Pekabaran Injil dalam konteks masyarakat majemuk
3) Berpengetahuan yang memadai tentang berbagai agama
4) Mampu menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama lintas agama.
5) Mampu memelihara, mengembangkan dan memperkuat hubungan serta kerjasama dengan gereja-gereja, lembaga-lembaga Kristen dan Non Kristen , Pemerintah, dll, antara lain dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan lingkungan hidup.
6) Mampu mengembangkan jejaring dengan para intelektual, budayawan, serta Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat yang mempunyai komitmen yang sama.
7) Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan yang terkait dengan Bidang Kesaksian
D. Kriteria Khusus Direktur Yakoma
1) Berlatar belakang pendidikan komunikasi (minimal S1 Komunikasi) dan memiliki kemampuan berpikir teologis.
2) Memiliki pengetahuan yang memadai tentang strategi komunikasi pada aras lokal, nasional dan internasional: dengan gereja-gereja anggota PGI dan lembaga-lembaga terkait.
3) Memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan pendampingan dan pelatihan bagi pengembangn komunikasi di tingkat sinode-sinode.
4) Memiliki kemampuan membuat produksi media komunikasi yang dapat berfungsi sebagai advokasi dan kampanye kebijakan PGI dan mengelola media-media komunikasi yang tersedia sebagai sarana publikasi PGI
5) Mampu mengembangkan jejaring dengan lembaga-lembaga terkait dan pemerintahan
6) Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan
E. Kriteria Khusus Kepala Bagian keuangan
1) Berlatar belakang pendidikan minimal S1 Akunting atau Keuangan
2) Memiliki pengalaman di bidang Akunting dan Keuangan minimal 5 tahun
3) Memiliki kemampuan mengenai perpajakan
4) Anggota gereja dari gereja anggota PGI
5) Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter atau layanan kesehatan
6) Memiliki integritas, spiritualitas dan komitmen kristiani yang mendalam, serta kepribadian yang matang dan bertanggungjawab
7) Menguasai serta aktif dalam komunikasi dan administrasi berbahasa Inggris
8) Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim, serta lintas bidang, menghormati budaya orang lain, bekerja inklusif, penyesuaian diri dalam konteks multi budaya, ras dan agama.
F. Kriteria Khusus Kepala Biro Litbang
1) Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai dalam hal penelitian dan pengembangan serta mampu mengkonsolidasi, menganalisis data-data terkait informasi tentang isu-isu terkini.
2) Mampu berjejaring dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan lembaga-lembaga riset, penelitian aras nasional, regional dan internasional.
PELAMARAN
1. Surat lamaran, pas foto, biodata, serta dokumen pendukung kompetensi dan pengalaman dikirim ke Kantor PGI via email: pgi@cbn.net.id atau via pos, Jl. Salemba Raya no 10, Jakarta Pusat, 10430
2. Waktu pelamaran 25 November – 13 Desember 2024
3. Bagi Pelamar yang lolos berkas persyaratan dan kualifikasi, akan mengikuti proses selanjutnya.