Rekrutmen Staf Pelaksana Program Sekretariat Umum PGI

JAKARTA,PGI.OR.ID-Majelis Pekerja Harian – Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPH – PGI) membuka kesempatan berkarya Oikumenis untuk gereja dan masyarakat di lingkungan Sekretariat Umum PGI.
Kesempatan ini terbuka bagi setiap warga Gereja yang berminat mengembangkan karier dan pelayanannya di Indonesia dan di seluruh dunia.
Posisi yang tersedia adalah:
1. Direktur YAKOMA
2. Kepala Biro Keluarga dan Anak
3. Staf Hubungan Masyarakat
Bertugas untuk mengimplementasi amanat PPTB – PGI 2024-2029 hasil Sidang Raya XVIII PGI 2024.
A. Direktur Yakoma
Memimpin Yakoma yang bertanggungjawab memastikan berjalannya program dan kegiatan yang menunjang komunikasi, informasi PGI baik ke dalam dan keluar dalam bentuk penerbitan dan pengelolaan media komunikasi dan audio visual. Serta pelatihan media komunikasi.
B. Kepala Biro Keluarga dan Anak
Memimpin Biro Keluarga dan Anak yang bertanggungjawab memfasilitasi penguatan peran Keluarga dan Anak terkait advokasi, penguatan kapasitas, serta pewujudan ecclesia domestica dalam rangka menyongsong Indonesia Emas.
C. Staf Hubungan Masyarakat
Bertanggungjawab memfasilitasi pemberitaan kebijakan-kebijakan dan kegiatan PGI baik melalui media cetak, media sosial guna memperjelas kebijakan-kebijakan PGI serta pengembangan sistem informasi yang berkaitan dengan pelayanan PGI yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi.
KRITERIA UMUM
Kriteria Umum
- Anggota jemaat dari Gereja anggota PGI dan mendapat Surat Rekomendasi dari/dan ditandatangani oleh Pimpinan Sinode Gereja yang bersangkutan.
- Mempunyai pengalaman sebagai tenaga penuh waktu dalam pelayanan Sinode di gereja yang bersangkutan, sedikitnya lima tahun (dibuktikan dengan surat keterangan).
- Pernah terlibat dalam program/kegiatan-kegiatan oikoumenis (disebutkan dalam biodata).
- Pendidikan minimal Strata Satu (S1).
- Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter atau layanan kesehatan.
- Berusia 30 – 50 tahun.
- Memiliki pemahaman yang memadai terkait bidang/biro yang dilamar, dengan membuat karya tulis 3 – 4 halaman A4.
- Memiliki pengetahuan yang memadai tentang gerakan oikoumene pada aras lokal, nasional dan internasional: berbagai aliran di dalam dan sekitar gereja, serta pemahaman tentang keberagaman latar belakang (tradisi) gereja-gereja.
- Memiliki integritas, spiritualitas dan komitmen kristiani yang mendalam, serta kepribadian yang matang dan bertanggungjawab.
- Menguasai serta aktif dalam komunikasi dan administrasi berbahasa Inggris.
- Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim, serta lintas bidang, menghormati budaya orang lain, bekerja inklusif, penyesuaian diri dalam konteks multi budaya, ras dan agama.
- Memiliki wawasan nasional dan internasional.
- Memiliki kemampuan “fund raising” atau penggalangan dana eksternal.
- Memiliki pengalaman manajerial serta merancang, melaksanakan, mengawasi, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan keuangan bidang bersangkutan, serta dapat bekerja dibawah tekanan.
- Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan yang terkait dengan Bidang yang dilamar, maupun lintas bidang / biro.
- Mampu mengembangkan jejaring dan kerjasama, di dalam maupun luar negeri, dalam rangka implementasi program untuk bidang terkait yang dilamar, pada aras Nasional, Regional, dan Internasional.
- Mampu mengoperasikan program-program computer (excel, word, spreadsheet, ppt, dsb), dan berbagai aplikasi office, serta menguasai komunikasi internet.
- Bersedia tinggal menetap di Jakarta selama dinas dan bersedia menandatangani surat kesediaan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk tidak merokok dalam lingkungan kerja.
- Tidak sedang dalam masa studi.
- Bersedia menandatangani Pakta Integritas.
- Mampu mengembangkan kerjasama tim, baik secara internal di lingkup PGI, maupun dalam jaringan kemitraan eksternal yang lebih luas.
KRITERIA KHUSUS
A. Kriteria Khusus Direktur Yakoma
1) Memiliki kemampuan berpikir teologis.
2). Memiliki pengetahuan yang memadai tentang strategi komunikasi pada aras lokal, nasional dan internasional: dengan gereja-gereja anggota PGI dan lembaga-lembaga terkait.
3) Memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan pendampingan dan pelatihan bagi pengembangn komunikasi di tingkat sinode-sinode.
4) Memiliki kemampuan membuat produksi media komunikasi yang dapat berfungsi sebagai advokasi dan kampanye kebijakan PGI dan mengelola media-media komunikasi yang tersedia sebagai sarana publikasi PGI.
5) Mampu mengembangkan jejaring dengan lembaga-lembaga terkait dan pemerintahan.
6) Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan.
B. Kriteria Khusus Biro Keluarga dan Anak
1) Memiliki pengetahuan yang memadai tentang keluarga dan anak pada aras lokal, nasional dan internasional: dengan gereja-gereja anggota PGI dan lembaga-lembaga terkait.
2) Memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan pendampingan dan pelatihan bagi pengembangn keluarga dan anak di tingkat sinode-sinode.
3) Memiliki kemampuan advokasi dan kampanye kebijakan PGI mengenai keluarga dan anak.
4) Mampu mengembangkan jejaring dengan lembaga-lembaga terkait dan pemerintahan.
5) Mampu mengorganisir seminar, lokakarya, konsultasi dan program-program pelatihan.
C. Kriteria Khusus Staf Hubungan Masyarakat
1) Memiliki pengetahuan yang memadai tentang system pengembangan informasi dalam rangka membangun kemitraan terhadap media dan publik.
2) Memiliki kemampuan yang memadai untuk menyajikan informasi yang lengkap, akurat, komprehensif dan terpadu berdasarkan prinsip-prinsip transparansi.
3) Memiliki kemampuan yang memadai dalam melakukan kajian dan menyiapkan bahan serta memberikan tanggapan/penjelasan terhadap surat-surat pembaca di media massa/masyarakat serta isu yang sedang berkembang.
PELAMARAN
- Surat lamaran, pas foto, biodata, serta dokumen pendukung kompetensi dan pengalaman dikirim ke Kantor PGI via email: pgi@cbn.net.id atau via pos, Jl. Salemba Raya no 10, Jakarta Pusat, 10430
- Waktu pelamaran paling lambat 2 Maret 2025
- Bagi Pelamar yang lolos berkas persyaratan dan kualifikasi, akan mengikuti proses selanjutnya.