Pokok Pikiran dan Pernyataan Sikap PGI Menyikapi Dinamika Penanganan Papua

JAKARTA,PGI.OR.ID-Menyikapi dinamika penanganan Papua, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pada 5 Maret 2019 mengeluarkan pokok pikiran dan pernyataan sikapnya. Bagi PGI, masalah Papua adalah pergumulan kemanusiaan yang serius. Sejak bergabung dengan NKRI pada 1 Mei 1963, berbagai masalah yang membelit Papua tak kunjung berakhir, yang ditandai dengan ragam peristiwa kekerasan demi kekerasan.

Salah satu sikap PGI terhadap Papua yaitu, sebagai wadah persekutuan gereja-gereja di Indonesia yang tersebar di seluruh lndonesia, PGI merasa sangat prihatin terhadap berbagai peristiwa kekerasan dan kasus-kasus pelanggaran HAM di Papua yang belum tuntas diselesaikan, sebagai bagian dari warisan masa lampau. Dan sebagaimana sering terjadi, peristiwa kekerasan acap diikuti dengan operasi pemulihan keamanan yang dalam praktiknya selalu menimbulkan ketakutan yang semakin menambah dan memperdalam luka batin masyarakat yang terdampak. Karena itu bersama-sama gereja-gereja di Indonesia, PGI sangat berharap agar operasi militer dalam rangka pemulihan keamanan dan sejenisnya dapat segera dihentikan dan digantikan dengan pendekatan kultural.

Selain itu, PGI mengakui keberadaan orang asli Papua dan hak-haknya yang harus dipenuhi secara adil dan bermartabat di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana hal itu diamanatkan dalam undang-undang Otonomi Khusus. Tentu sejalan pula dengan pendekatan Presiden Joko Widodo yang berbasis kultural, agama dan kesetaraan. Pendekatan kultural tersebut tertuang dalam pasal 43 dan 44 Undang-Undang Otsus Papua. Karena itu dalam rangka memastikan kemajuan pembangunan manusia Papua ke depan, PGI sangat berharap agar pemerintah memberikan kesempatan dan mendukung pelaksanaan proses dialog dengan pendekatan budaya. Proses ini perlu dirumuskan kembali dengan perspektif positif demi membangun masa depan Papua yang bermartabat, damai, berkeadilan dan tanpa kekerasan.

Untuk melihat secara lengkap Pokok Pikiran dan Pernyataan Sikap PGI Menyikapi Dinamika Penanganan Papua, silahkan klik di bawah ini.

Pokok Pikiran dan Pernyataan Sikap PGI Terkait Penanganan Papua

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*