Konsultasi Regional Pemuda Gereja: Pemuda Harus Berbuah Bagi Masyarakat

Para peserta Konsultasi Regional Pemuda yang berlangsung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

PALANGKARATA,PGI.OR.ID − Setelah tertunda lebih kurang tiga tahun, Konsultasi Regional (Konreg) Pemuda Gereja Wilayah Kalimantan dibuka oleh Ketua PGI, Dr. Agustin Teras Narang, SH., di GKE Galilea-Palangkaraya, 17 Januari 2019. Ibadah Pembukaan dilayani oleh Pdt. Elisae Sumandie, M.Th. dengan tema renungan “Mewaspadai Virus Keserakahan” (Greed Endemic) yang mengambil Pembacaan Alkitab dari II Raja-raja 5:20-27. Dalam renungannya, Pdt. Elisae menyebutkan beberapa virus keserakahan yang harus diwaspadai antara lain: serakah atas harta benda, serakah kemuliaan diri dan serakah hawa nafsu. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal tersebut antara lain dengan perpikir dan bergaul sederhana, hidup penuh hikmat dan berani berkata cukup (Amsal 30:7-9).

Ketua Panitia Konreg, Natali Hariyo, dalam laporannya mengajak seluruh peserta memberanikan diri keluar dari zona nyaman untuk  mengenal dunia yang lebih luas dan menjadi pemuda yang tidak hanya aktif di gereja, namun juga berbuah di luar gereja. Hal serupa juga disampaikan oleh Dr. Agustin Teras Narang, SH., selaku Ketua PGI, yang membawakan materi dengan tema “Perkembangan Radikalisme dan Tahun Politik di Indonesia serta Tantangannya Bagi Orang Muda”. Menurutnya, syukur kita kepada Tuhan dapat terlihat dari bagaimana kita memperhatikan kehidupan orang lain dan tidak hanya terfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup kita sendiri. Beberapa sesi lainnya dibawakan oleh Puan Sari Siregar dari Institut Leimena, sebagai Mitra PGI, dengan tema “Kepemimpinan Pemuda dan Kewarganegaraan yang Bertanggung Jawab”, materi tentang “Wacana dan Praktek Gerakan Oikoumene Orang Muda Masa Kini” oleh Kepala Biro Pemuda dan Remaja PGI, Abdiel F. Tanias, materi pemuda mandiri mengenai “Pengembangan Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Tengah MEA” oleh Pdt. Elisae Sumandie, M.Th. serta materi tentang “Kerusakan Lingkungan dan Peran Pemuda dalam Menjaga Keutuhan Ciptaan” oleh Yanedi Jagau dari Borneo Institute yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pemuda dan Remaja PGI.

Konsultasi Regional ini juga membahas isu-isu yang menjadi pergumulan pemuda di masing-masing wilayah. Sebagian besar peserta mengemukakan beberapa kendala yang dijumpai di wilayah pelayanan masing-masing, antara lain kurang aktifnya dan rendahnya kehadiran pemuda dalam Ibadah. Menurut mereka, hal ini kemungkinan diakibatkan kurang menariknya acara-acara ibadah maupun program-program yang dilaksanakan oleh pengurus pemuda gereja. Beberapa peserta lain mengemukakan masalah lain tentang kurangnya perhatian terhadap pemuda dalam menjalankan program-program yang telah disusun. Sebagai jawaban atas permasalahan-permasalahan tersebut, hari terakhir Konsultasi para peserta kemudian duduk bersama membahas Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang diharapkan dapat memberi pemahaman kepada setiap peserta mengenai bagaimana menghadapi masalah keberagaman, lingkungan hidup, pelatihan kepemimpinan dan ekonomi kreatif. Pembahasan RTL juga memberi kesempatan kepada masing-masing peserta untuk memikirkan apa yang akan mereka lakukan selepas Konreg dan kembali ke tempat pelayanan masing-masing di berbagai wilayah. Dalam kegiatan ini, para peserta juga berkesempatan mengikuti exposure dengan mengunjungi objek wisata Kereng Bangkirai.

Konreg Pemuda Gereja Wilayah Kalimantan 2019 merupakan salah satu program Biro Pemuda dan Remaja (BPR) PGI dalam kerjasama dengan Komisi Kepemudaan PGIW Kalimantan Tengah. Di akhir Konsultasi, terdapat beberapa rekomendasi yang akan ditindaklanjuti sebagai bagian dari kerjasama oikoumenis di kalangan pemuda gereja di wilayah Kalimantan; kerjasama tersebut mencakup pelatihan kewirausahaan, pelatihan kepemimpinan, program yang mengusung isu keberagaman dan toleransi, pembentukan forum pemuda cinta lingkungan hidup serta beberapa rekomendasi lainnya. Rekomendasi-rekomendasi ini diharapkan dapat dilakukan bersama-sama oleh pemuda-pemuda gereja di wilayah Kalimantan, dalam koordinasi dengan BPR PGI.

 

Pewarta: Abdiel F. Tanias dan Yessica Patricia

COPYRIGHT © PGI 2019

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*