Aku adalah awal dan yang Akhir  (bdk. Wahyu 22:12-13)

Tidak ada produk di keranjang.

Berita GerejaUtama

HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Rencanakan Kegiatan Dialog Kebangsaan Memperingati HUT Kemerdekaan RI

JAKARTA,PGI.OR.ID-Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022, HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, berencana menggelar kegiatan dialog kebangsaan, dengan mengusung tema Merayakan Perbedaan Ditengah Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Hal tersebut disampaikan Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt. Bernard Manik, MTh saat menemui MPH-PGI di Grha Oikoumene, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Pertemuan dilaksanakan untuk menerima masukan dari MPH-PGI terhadap rencana kegiatan ini.  

Lebih jauh dijelaskan Pdt. Bernard Manik, kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di Gedung Sopo Marpingkir, Pulo Gebang, Jakarta Timur. “Terkait kegiatan ini panitia telah menyampaikan undangan ke sejumlah lembaga keagamaan, diantara PB NU, PP Muhammadiyah, dan PHDI, sedangkan kegiatan ini rencananya dilaksanakan pada 29 Agustus 2022. Namun sepertinya masih menunggu konfirmasi sehingga tanggal yang kami tetapkan masih perlu didiskusikan lagi,“ katanya.

Pada kesempatan itu, Ketum PGI Pdt. Gomar Gultom menyampaikan apresiasi terhadap rencana dialog kebangsaan yang akan digelar HKBP Distrik VIII DKI Jakarta. “PGI menyambut baik prakarsa kegiatan ini, karena HKBP, selain sebagai gereja yang terbesar dari segi jumlah jemaatnya, tetapi juga memiliki kiprah yang besar pula bagi bangsa ini, juga bagi gerakan oikoumene. Sebab itu, dialog kebangsaan ini sangat wajar dilaksanakan,” ujarnya.

Terkait tanggal pelaksanakan kegiatan, menurutnya perlu dipertimbangkan kembali karena bersamaan dengan sejumlah agenda acara yang harus diikuti oleh MPH-PGI yaitu Sidang Raya XI WCC di Karlsruhe, Jerman, pada 31 Agustus-8 September 2022. “Jadi mungkin tanggalnya perlu dipertimbangkan lagi supaya kami bisa berpartisipasi,” ujar Pdt. Gomar.

Dia pun berpesan, selain mengundang pimpinan lembaga lintas agama, kegiatan dialog kebangsaan itu diharapkan nantinya juga melibatkan agama lokal, seperti komunitas Penghayat.

Hal senada juga disampaikan Sekum PGI Pdt. Jacklevyn F. Manuputty. Menurutnya, tema yang diusung dalam dialog kebangsaan ini sangat menarik, terutama menjelang 2024, sebagai respon gereja terhadap situasi politik bangsa Indonesia sekarang ini. “Kami berterimakasih kepada HKBP yang telah memulai kegiatan semacam ini, dan berharap kegiatan serupa juga dilakukan oleh gereja-gereja anggota PGI,” ujarnya.

Diakhir pertemuan, Ketua Pelaksana dialog kebangsaan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Andar Siburian menyampaikan terimakasih, dan sepakat agar kegiatan semacam ini juga dapat dilaksanakan oleh gereja-gereja. “Ini juga harapan kami, bahwa gereja-gereja memiliki kepedulian yang sama ditengah kehadirannya di bangsa ini. Harapan yang sama juga dengan lintas agama. Itulah sebabnya kami beraudiensi dengan lembaga keagamaan lainnya. Soal tanggal kegiatan kami akan lihat kembali,” tandasnya.

Dijadwalkan panitia dialog kebangsaan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta akan beraudiensi dengan pengurus PP Muhammadiyah, pada Jumat (5/8/2022).

 

 Pewarta: Markus Saragih