Your search: Anggota gereja PGI
>
Search terms
Search tips!

Wildcards can be used:

  • ? (question mark) replaces a letter
  • * (asterisk) replaces a number of letters
  • By putting a $ (dollar sign) in front of a search term, you look for words that are similar.
90 entrys
order by:
view as:
 
 
Page: 1
  • previous | 
  • 1 | 
  • 2 | 
  • 3 | 
  • 4 | 
  • 5 | 
  • 6 | 
  • 7 | 
  • 8 | 
  • ... | 
  • next
 
 
Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Website:
Alamat pos:

Pearaja -Tarutung, Tapanuli Utara,, 22413
tel: (0633) 21707, 21122 (Ext 100-139)
fax: (0633) 21596
e-mail: binbinemailok@yahoo.com
Peta lokasi

Provinsi:
Sumatra Utara
Jumlah anggota:
2.816.594 jiwa
Tanggal berdiri:
7 Oktober 1861
Bergabung PGI:
25 Mei 1950
Sejarah berdiri:
Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) merupakan salah satu gereja terbesar di Asia Tenggara dan salah satu gereja pelopor berdirinya Dewan Gereja-gereja di Indonesia (DGI). HKBP menjadi anggota PGI pertama pada 25 Mei 1950. Berdiri pada 7 Oktober 1861 sebagai hasil usaha Zending Rheinische Mission Geschelschaft (RMG) Bremen-Jerman, ditandai dengan dibaptisnya orang Batak pertama menjadi Kristen. Pada 11 Juli 1940 HKBP menjadi gereja yang mandiri dan Pdt. K. Sirait terpilih sebagai Voorzitter (Ephorus) pertama dari kalangan orang Batak. Dalam usianya yang sudah 150 tahun lebih, HKBP telah menyebar ke seluruh Indonesia dan luar negeri. Dalam pelayanannya kepada umat dan masyarakat, HKBP mengembangkan Tritugas panggilan gereja, yaitu: Koinonia, Diakonia dan Marturia.Saat ini, HKBP memiliki sekitar 4,5 juta jiwa anggota jemaat di seluruh Indonesia. HKBP juga mempunyai beberapa gereja di luar negeri, seperti di Singapura, Kuala Lumpur, Los Angeles, New York, Seattle dan di negara bagian Colorado.
Sejarah berdiri 2:
Meski memakai nama Batak, HKBP juga terbuka bagi suku bangsa lainnya. Sejak pertama kali berdiri, HKBP berkantor pusat di Pearaja (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) yang berjarak sekitar 1 km dari pusat kota Tarutung, ibu kota Kabupaten tersebut. Pearaja merupakan sebuah desa yang terletak di sepanjang jalan menuju kota Sibolga (ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah). Kompleks perkantoran HKBP, pusat administrasi organisasi HKBP, berada dalam area lebih kurang 20 hektar. Di kompleks ini juga Ephorus (=uskup) sebagai pimpinan tertinggi HKBP berkantor. HKBP adalah anggota Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), anggota Dewan Gereja-Gereja Asia (CCA), dan anggota Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (DGD). Sebagai gereja yang berasaskan ajaran Lutheran, HKBP juga menjadi anggota dari Federasi Lutheran se-Dunia (Lutheran World Federation) yang berpusat di Jenewa, Swiss.
 
 
 
 
 
Gereja Kristen di Sulawesi Selatan (GKSS)
Alamat pos:

Kantor Pusat Sinode GKSS Jalan Ketilang No. 4, Makassar, 90111
tel: (0411) 854436
fax: (0411) 854436
e-mail: sinode_gkss@ilovejesus.net
Peta lokasi

Provinsi:
Sulawesi Selatan
Jumlah anggota:
6.232 jiwa
Tanggal berdiri:
12 Juni 1966
Bergabung PGI:
25 Mei 1950
Sejarah berdiri:
GKSS adalah salah satu kelompok Gereja Kristen Protestan di Indonesia yang bermula di Sulawesi Selatan, Indonesia dengan kantor pusat di Jalan Ketilang No. 4, Makassar, Sulawesi Selatan. Gereja ini dimulai pada zaman VOC. Pada zaman ini, VOC menenmpatkan pendeta untuk perawatan rohani para pegawainya di Makassar. Pada zaman Hindia Belanda, Indische Kerk menempatkan pendetanya di tempat itu. Pemerintah melarang segala usaha pekabaran injil kepada penduduk asli. Namun, Dr. F.B. Matthes, seorang ahli bahasa Bugis yang menerjemahkan Alkitab ke dalam Bahasa Bugis dan Makassar. Pada tahun 1851, NZG mengutus misionarisnya yang ditempatkan di Makassar, Bonthain, dan Bulukumba serta berusaha memberitakan Injil kepada penduduk asli. Pada tahun 1858, pemerintah melarang pekabaran Injil kepada penduduk asli sehingga mereka meninggalkan daerah itu. Tahun 1895 Nederlandse Zending Vereniging (NZV) mengutus misionarisnya, tetapi mereka tidk berhasil, maka dipindahkan ke Halmahera pada tahun 1905. Pada tahun 1933, GPI menempatkan Pdt. Binsberger di Makassar. Ia membuka pos pekabaran Injil di Lanjuanging, Maros, dan pulau Selayar. Sekolah pun dibuka untuk menarik perhatian penduduk. Pada tahun yang sama, Gereja Gereformeerd Surabaya menjadikan Sulawesi Selatan sebagai wilayah pekabaran Injilnya dengan mengutus Pdt. H. van den Brink. Van den Brink membuka Rumah Sakit yang dikenal dengan nama Rumah Sakit Labuang Baji. Gereja juga berkembang di Watan Soppeng, Jallo, Lampuiko, Karadiwang, dan Malino. Pada 7 Januari 1949, dibentuklah Panitia Penghubung dan Pengarah. Pdt Daeng Masikki dan kawan-kawan tidak puas dengan kelambanan pendewasaan jemaat-jemaat di sana karena tidak melibatkan mereka sehingga mereka membentuk Badan Pengurus Bakal Gereja Bugis dan Makassar Selebes Selatan pada Agustus 1949.
Sejarah berdiri 2:
Inisiatif ini disambut Zending sehingga pada 16 November 1949 dibentuk Bakal Gereja Kristen di Sulawesi Selatan. Badan pengurusnya disebut Badan Pekerja Pelaksana Gereja Sulawesi Selatan (BAPPELGRESS). Pada tahun 1954, namanya kemudian dibuah menjadi Gereja Kristen Protestan Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan dan pada tahun 1965 menjadi Gereja Kristen di Sulawesi Selatan. Pada tahun 1971-1973, terjadi gerakan massal masuk ke dalam Kekristenan di Pulau Selayar sehingga terjadi baptisan massal. GKSS menjadi anggota PGI pada tahun 1950. Jumlah anggotanya tahun 2000 adalah 5660 umat yang tersebar dalam enam klasis, yaitu Walanae (Soppeng), Mappatuwo (Pangkajene), Bulusaraung (Maros), Bawakaraeng, Selayar, dan Makassar.

Sistem yang digunakan adalah presbiterial-sinodal dan berpusat di Makassar. Badan pemeriksaan pembendaharaan gereja dibentuk Sinode Klasis dan Jemaat. GKSS menetakan 3 jabatan gerejawi, yaitu pendeta, penatua, dan diaken. Bentuk-bentuk pelayanan gereja: kebaktian jemaat, pelayanan Sakramen, pemberitaan Injil, pelayanan penggembalaan, pendidikan dan pembinaan warga gereja, disiplin gereja, dan pelayanan sosial. Gereja yang berdenominasi Reformed ini memiliki wilayah pelayanan di Sulawesi Selatan.
 
 
 
 
 
Banua Niha Keriso Protestan (BNKP)
Alamat pos:

Kantor Pusat Sinode BNKP
Jl. Sukarno No.22 Gunung Sitoli, Nias, 22813
tel: (0639) 21448
fax: (0639) 323127
e-mail: sinodebnkp@yahoo.com; biroprogram@yahoo.com
Peta lokasi

Provinsi:
Sumatra Utara
Jumlah anggota:
538.834 jiwa
Tanggal berdiri:
15 Mei 1938
Bergabung PGI:
25 Mei 1950
Sejarah berdiri:
Injil diberitakan pertama kali di Nias oleh dua Pastor dari Gereja Roma Katolik Mission Etragers de Paris (Inggris) sekitar 1822-1823. Namun misi kedua pastor ini tidak tercapai, karena mereka meninggal dunia. Tahun 1865, Rheinische Mission Geschelschaft (RMG) dari Jerman mengutus Ludwig Erens Denninger dan tiba di Pulau Nias 27 September 1865. Awalnya, Denninger membuka sekolah di Gunungsitoli sambil memberitakan Injil. Tahun 1872 datang J.W. Thomas dan ditempatkan di Ombolat Seminari. Tahun 1873 tiba pula Kreamer dan tinggal bersama isterinya di Gunungsitoli. Berkat keuletan mereka memberitakan Injil dan bergaul akrab dengan masyarakat Nias, tahun 1874 seorang kepala kampung bernama Yawaduha membawa 25 warganya dibaptis Kreamer. Demikianlah seterusnya Injil itu menyebar ke seluruh Nias dan banyak yang menjadi Kristen.
Sejarah berdiri 2:
Namun seiring kemajuan kekristenan itu, muncul pula ajaran-ajaran sesat. Karena itu, timbullah kesepakatan orang-orang Kristen Nias di tahun 1936 untuk membentuk sebuah organisasi gereja di Nias yang diberi nama Banua Niha Keriso Protestan (BNKP). Nama inilah yang dipakai sebagai nama sinode hingga sekarang ini.BNKP aktif melaksanakan pelayanan pendidikan, ksehatan dan pekerjaan sosial. Gereja ini juga menerbitkan majalah Turia Rofa (Berita Salib). Tanggal 27 September dijadikan sebagai Yubelium BNKP. Kini BNKP hadir pula di luar Pulau Nias, serta wilayah pelayanannya antara lain di Pulau Nias, Medan, Padang, Pekanbaru, batam, Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota kecil lainnya. Mitra kerja BNKP antara lain adalah Reformed Church of America (RCA), United Evangelical Mission (UEM) dari Jerman dan GKI Sinode Wilayah Jawa Barat. Selain itu, BNKP menjadi anggota dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) sejak 25 Mei 1950, Persekutuan Gereja-Gereja Wilayah Sumatera Utara, Dewan Gereja-Gereja Asia (CCA), Federasi Lutheran se-Dunia (LWF), dan Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (DGD).
 
 
 
 
 
Gereja Batak Karo Protestan (GBKP)
Website:
Alamat pos:

Kantor Pusat Sinode GBKP
Jalan Pala Bangun 66 Kabanjahe, 22115
tel: (0628) 20466, 21524
fax: (0628) 20392
e-mail: moderamen@gbkp.or.id
Peta lokasi

Provinsi:
Sumatra Utara
Jumlah anggota:
400.000 jiwa
Tanggal berdiri:
18 April 1890
Bergabung PGI:
25 Mei 1950
Sejarah berdiri:
GBKP adalah sebuah Gereja yang berdiri di tanah Karo dan melayani masyarakat Karo. Permulaan usaha pekabaran Injil ke daerah Karo bukan muncul karena tugas rohani. Usaha itu dimulai karena permohonan J.T. Creamers, seorang pemimpin perkebunan di Sumatera Timur. Ia berpendapat, jalan yang paling baik supaya penduduk asli daerah itu tidak menentang dan mengganggu usaha-usaha perkebunan ialah dengan mengabarkan Injil dan mengkristenkan mereka. GBKP diawali dengan kehadiran Pdt. H.C. Kruyt, seorang misionaris NZG ke tanah Karo 18 April 1890. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) GBKP. Untuk membantu Pdt. H.C. Kruyt dan para misionaris lainnya, NZG mengutus beberapa Guru Injil dari Minahasa. Pekabaran Injil dimulai dari satu Desa bernama Buluhawar. Sementara nama GBKP ditetapkan pada Sidang Sinode I, 21 Juli 1941 di Sibolangit, sekaligus pentahbisan dua orang Karo menjadi pendeta pertama orang Karo, Pdt. Palem Sitepu dan Pdt. Thomas Sibero.
Sejarah berdiri 2:
Sebelumnya mereka berdua mendapat pendidikan formal di Seminari Sipoholon (HKBP). Perkembangan Injil di karo sangat lambat. Perkembangannya yang pesat baru terjadi setelah peristiwa G30S-PKI yang mendorong banyak orang berlindung di GBKP. Sejak 1970, GBKP menekankan program pembinaan warga jemaat, termasuk keterlibatannya dalam memberdayakan warga gereja dan masyarakat.GBKP resmi menjadi anggota PGI 25 Mei 1950. Selain itu juga menjadi anggota Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (DGD). GBKP bermitra dengan Nederlanse Hervormde Kerk di Belanda, Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) serta United Evangelism Mission (UEM) dari Jerman.
 
 
 
Page: 1
  • previous | 
  • 1 | 
  • 2 | 
  • 3 | 
  • 4 | 
  • 5 | 
  • 6 | 
  • 7 | 
  • 8 | 
  • ... | 
  • next
MAIS-(M)DWS is een product van DE REE archiefsystemen BV
meer informatie over MAIS-(M)DWS