|

Sekum PGI: “PGI Tidak Mengirim Utusan untuk Menghadiri Milad FPI”

Pdt. Gomar Gultom

JAKARTA,PGI.OR.ID-Tentu tidak ada masalah untuk membangun persahabatan. Tetapi, bagaimana jika seseorang pendeta, pengurus organisasi gereja menghadiri Milad Front Pembela Islam (FPI) ke-19 yang jatuh pada Kamis (17/8) lalu. Apalagi kapasitasnya sebagai salah satu ketua pimpinan wilayah PGI wilayah DKI Jakarta. Hal itulah yang menjadi pergunjingan atas kehadiran Pdt Shepard Supit. “Yang hadir itu Pdt Shepard Supit, salah satu Ketua PGIW Jakarta, bukan PGI,” jelas Sekretaris Umum PGI Pdt. Gomar Gultom menyikapi peristiwa tersebut.

Gomar menegaskan, pertama, PGI tidak mengirimkan utusan untuk menghadiri milad FPI. Kedua, tidak betul ada hubungan baik antara PGI dan Rizieq dan/atau FPI. Dalam berbagai upaya penegakan HAM dan kebebasan beragama selama ini, PGI malah lebih sering berseberangan dengan Rizieq dan FPI.

Gomar juga mengatakan, yang terjadi malah sebaliknya, bahkan mengecam, cara-cara dan praktek FPI dalam memberantas apa yang mereka sebut sebagai nahi munkar. “Jadi tidak benar 13 tahun lalu PGI bersilaturahim ke Rizieq. Yang ada adalah Pdt Supit dkk berkunjung ke sana atas inisiatip pribadi dan bukan atas nama kelembagaan PGI,” jelasnya.

Bahkan, dia akan mempertanyakan kehadiran anggotanya, hadir di Milad ke-19, kapasitasnya sebagai salah satu ketua wilayah PGI DKI Jakarta atau mewakili pribadi. Gomar melihat sekalipun itu mewakili pribadi, hal itu tak sepantasnya. Bahkan, menurutnya, PGI tak merekomendasikan pendeta hadir di acara FPI.