|

PGI: Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

JAKARTA, PGI.OR.ID – Sebagaimana diketahui bahwa pada Bulan Juni Tahun 2015 ini, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama Bulan Suci Ramadhan. Awal puasa sebagaimana diumumkan dan ditetapkan oleh Pemerintah (dhi. Menteri Agama) jatuh pada tanggal 18 Juni 2015.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penting dalam kehidupan keagamaan umat Islam. Sebab umat Islam memaknai Bulan Ramadhan sebagai bulan untuk mengasah jiwa, mengasah ketajaman pikiran dan kejernihan hati untuk melawan sifat-sifat tercela dan jahat yang ada ada dalam diri setiap orang.

Demikian Siaran Pers yang dikeluarkan oleh Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 H.

Untuk itu, maka sebagai wujud penghormatan, penghargaan dan solidaritas kepada umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa, PGI menyatakan pertama, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh umat Islam di seluruh pelosok tanah air Indonesia. Kami mendoakan kiranya umat Islam diberikan kemampuan menjalankan ibadah puasa dengan baik, mendapatkan pencerahan budi dan kejernihan pikiran dalam menjalankan ibadah puasa.

Kedua, menyerukan kepada semua umat Kristiani agar bersikap toleran, menghormati dan menghargai pelaksanaan ibadah puasa selama Bulan Suci Ramadhan. Umat Kristiani diharapkan menjaga sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari agar tidak mengganggu kekhusukan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa. Baiklah kiranya umat Kristiani menjadikan Bulan Suci Ramadhan ini sebagai momentum untuk belajar mengembangkan dan memperkuat cara hidup toleran dengan umat beragama lain.

Ketiga, berharap agar Pemerintah dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas dan kewenangannya untuk menjaga ketertiban jalannya ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan ini.

Selain itu PGI juga berharap ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan makna yang mendalam bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara ini.

Siaran Pers PGI Menyambut Bulan Puasa 2015