|

Perayaan HUT ke 67 Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK)

Pemotongan kue ulang tahun

JAKARTA,PGI.OR.ID-Perayaan HUT ke 67 Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) berlangsung di Lantai 15 Gedung Central Park, Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (17/6). Selain pengurus pusat, perayaan yang mengusung tema Sinergitas Pendidikan Kristen di Indonesia ini, juga dihadiri oleh pengurus wilayah (MPKW) dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum MPK Ir David J. Tjandra, M.A menegaskan, seluruh sekolah-sekolah Kristen telah terkoneksi melalui MPK. Sebab itu, yang sangat dibutuhkan sekarang adalah adanya kolaborasi dalam rangka memainkan perannya dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

Ketua Umum MPK David Tjandra saat menyampaikan sambutan

Ketua Umum MPK David Tjandra saat menyampaikan sambutan

“Bagaimana memaksimalkan peran ini? Kita berkoneksi atau berjalan sendiri-sendiri? Kita diberi kepercayaan yang besar oleh Tuhan untuk menjalankan tugas di bidang pendidikan, dan ini adalah  investasi bagi masa depan bangsa. Sebab itu tidak boleh asal-asalan, tetapi serius mendalami tugas ini. Koneksi sudah Tuhan sediakan 67 tahun lalu, tergantung kita apakah ingin memanfaatkan sebaik-baiknya atau tidak,” paparnya.

Lebih jauh David menjelaskan, dari perkunjungannya ke berbagai daerah menunjukkan bahwa kondisi sekolah Kristen di Indonesia banyak mengalami persoalan, diantaranya ada yang maju dengan jalan sendiri, tapi di satu sisi ada yang kondisinya diibaratkan hidup segan mati tak mau.

“Jika seperti ini, menjadi pertanyaan sejauhmana kualitas sekolah Kristen apakah mampu berkompetisi dengan sekolah lain? Persoalan lain, gereja juga telah melupakan sekolah Kristen karena sibuk dengan urusan gerejawi, serta adanya keengganan orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Kristen,” katanya.

Sebab itu, dia kembali menegaskan perlu kolaborasi yang sungguh-sungguh dari sekolah-sekolah Kristen melalui MPK.

Sejarah Singkat

MPK yang sebelum bernama Majelis Pusat Pendidikan Kristen di Indonesia (MPPK), merupakan pembaruan atau perlanjutan dari organisasi yang bernama Schoolraad voor Christelijke Scholen in Nederlands Indie, yang telah ada sejak sekitar tahun 1934. Para peserta pertemuan pembentukan Dewan Gereja-gereja di Indonesia (sekarang PGI) yang berhimpun di Jakarta tanggal 21-28 Mei 1950 telah bersepakat untuk mengubah lembaga tersebut menjadi MPPK.

Pengurus Pusat MPK

Pengurus Pusat MPK

Pembentukan DGI memberi nafas dan warna oikoumenis yang cukup kental bagi organisasi MPPK. Selain itu, peristiwa tersebut meneguhkan ulang bahwa gereja-greja dan umat Kristen di Indonesia memberikan perhatian yang amat besar bagi dunia pendidikan.

Kongres XIII MPPK yang berlangsung di Yogyakarta tanggal 24-26 Oktober 2000, setelah menggumuli dengan sungguh-sungguh pelayanan strategis yang diemban di bidang pendidikan bersepakat untuk mengubah nama MPPK menjadi Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK).

Sejak pembentukannya, MPK mengalami pasang surut seiring dengan perkembangan zaman. Namun, oleh berkat dan anugerah Tuhan Allah, MPK dapat tetap bertahan dalam bentuknya seperti sekarang ini.