|

Oikoideas 2016 – Biro Pemuda Remaja PGI & BPK Gunung Mulia

Latar Belakang Oikoideas 2016

Orang muda (remaja, pemuda dan pemudi) adalah generasi penerus bangsa. Artinya, masa depan suatu bangsa ada di tangan orang muda. Siapakah orang muda itu? Orang muda yang dimaksudkan di sini adalah mereka yang segar, cerdas, kreatif, inovatif, memiliki ide-ide yang out of the box, dan seiring dengan itu juga kritis dan mempunyai kepekaan sosial yang tinggi yang di dalamnya semua ini dibutuhkan untuk memberikan solusi terobosan bagi beragam persoalan bangsa dan negara, baik kini maupun nanti. Orang muda Kristen di Indonesia merupakan bagian dari penerus bangsa, yang penuh ide kreatif dan inovatif serta kritis dan peka secara sosial yang hadir kini dan di sini demi berkontribusi membangun masa depan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

Dewasa ini, ekspresi (ungkapan) dari ide-ide kreatif dan inovatif orang muda Kristen Indonesia ini mewujud dalam banyak hal. Pemikiran-pemikiran kritis tentang keprihatinan sosial juga banyak disuarakan. Semua ini dapat kita temukan dalam beragam macam karya orang muda, baik lisan maupun tulisan, baik verbal maupun non-verbal (misalnya: orasi, puisi, foto, lukisan, buku).

Melihat dan menyadari potensi kreativitas dan daya kritis dalam diri orang muda Kristen yang luar biasa ini, BPK Gunung Mulia­ – sebagai salah satu lembaga Kristen Indonesia yang bergerak di bidang literatur – rindu untuk mengajak, merangkul, dan memfasilitasi orang muda Kristen Indonesia dalam mengekspresikan dan menyalurkan ide-ide kreatif dan percikan pemikiran kritis mereka. Dalam hal ini, tulisan dan foto adalah dua sarana yang BPK Gunung Mulia anggap tepat bagi penyaluran ide kreatif dan pemikiran kritis tadi. Sebab, tulisan dan foto ini nantinya dapat dibukukan sehingga dapat menjadi literatur (bahan bacaan) sekaligus dokumen yang kontributif dan konstruktif karya khas orang muda Kristen Indonesia. Lebih jauh lagi, buku ini bahkan akan sangat bermanfaat sebagai sarana yang mendorong dan membangun orang muda Kristen di seluruh Indonesia dari generasi ke generasi.

Sejalan dengan semangat itu pula, BPK Gunung Mulia bersama-sama Biro Pemuda-Remaja PGI mencita-citakan sekaligus mencanangkan suatu ”generasi muda yang gemar menulis”. Demi memfasilitasi hal ini, kami hendak mengadakan beberapa kegiatan, yaitu”Lomba Menulis dan Fotografi (non-profesional)” untuk pemuda (usia 18-35 tahun) di seluruh Indonesia dan ”Retreat Menulis” untuk remaja (usia 12-17 tahun) se-Jabodetabek. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sebuah langkah awal untuk mendemonstrasikan budaya menulis sekaligus membaca di kalangan remaja dan pemuda penerus bangsa Indonesia. Kelak setelah kegiatan ini terlaksana, BPK Gunung Mulia hendak menindaklanjuti  dan memproses hasil karya tulis dan foto dari para peserta lomba ini dalam buku yang menarik, kreatif, inovatif, dan kritis bagi orang muda.

Tema dan Topik

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Oikoideas”. Tema ini diambil dari gagasan tentang oikoumene yang diserap dari bahasa Yunan οίκουμένη (baca oikoumene) yang biasa diartikan universal atau alam semesta. Namun secara harfiah, kata oikoumene memiliki arti yang lebih mendalam, yakni mendiami rumah bersama. Makna tersebutlah yang kami angkat menjadi tema besar dari kegiatan ini dan kami bagi menjadi beberapa topik untuk penulisan. Kami berharap dengan tema ini para peserta dapat mengungkapkan gagasan dan kepeduliannya terhadap realitas kehidupan dalam karya tulis maupun fotografi melalui kegiatan lomba yang kami selenggarakan.

Adapun topik-topik penulisan dan fotografi adalah sebagai berikut:

  1. Spiritualitas Keugaharian (Kecukupan)
  2. Kemiskinan
  3. Lingkungan Hidup
  4.  Radikalisme
  5. Pemuda dan Media
  6. Narkoba
  7. Keberagaman

Tujuan Pelaksanaan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Mengkampanyekan spiritualitas keugaharian dalam kehidupan pemuda dan remaja Kristen.
  2. Membangkitkan kepekaan sosial khususnya terhadap kemiskinan dan lingkungan hidup di kalangan pemuda dan remaja sebagai bentuk dari spiritualitas keugaharian.
  3. Mengembangkan talenta remaja dan pemuda Kristen (remaja dan pemuda gereja) dalam mengekspresikan ide-ide kreatif inovatif dan pemikiran kritis dalam bentuk tulisan dan fotografi.
  4. Mendukung program pemerintah dalam mengembangkan karakter positif pemuda dan remaja di Indonesia.
  5. Mendemonstrasikan budaya suka menulis di kalangan remaja-pemuda.

Output Acara

  1. Tulisan dari peserta lomba menulis akan didokmentasikan oleh BPK Gunung Mulia dan BPR PGI.
  2. Menghasilkan penulis-penulis muda Kristen dengan perspektif oikoumenis.
  3. Foto-foto dari para peserta lomba fotografi dapat digunakan sebagai bahan publikasi, cover buku/majalah di BPK Gunung Mulia dan Biro Pemuda Remaja PGI.

Bentuk Kegiatan

Lomba Menulis, Lomba Fotografi (non-profesional) dan Retreat Menulis (live in)

Peserta

  1. Pemuda Kristen/gereja seluruh Indonesia yang berusia 18-30 tahun untuk lomba menulis dan fotografi;
  2. Remaja Kristen/gereja se-Jabodetabek dan Bandung yang berusia 12-17 tahun untuk retreat menulis (live in).

Kepanitiaan 

Abdiel Fortunatus Tanias (BPR PGI) dan BPK Gunung Mulia

Rundown Acara

1.  Lomba Menulis dan Fotografi

Lomba akan dilakukan secara online mengacu pada tema “OIKOIDEAS” dengan memilih salah satu dari topik-topik yang tersedia.

Peserta mendaftar melalui email, dan mengirim tulisan atau foto hasil karyanya yang orisinal dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba ataupun dimuat dalam buku/majalah/media lainnya ke alamat email panitia.

Adapun proses kegiatan akan berlangsung demikian:

  • Pendaftaran : (mulai) 21 Maret 2016
  • Batas Pengumpulan Tulisan : 16 Mei 2016
  • Penjurian : 17 – 25 Mei 2016
  • Pemberitahuan Pemenang : 29 Mei 2016
  • Pemberian Hadiah : 30 – 31 Mei 2016

2.  Retreat Menulis

Retreat menulis akan dilaksanakan di Bandung dengan metode live in. Peserta retreat akan diarahkan untuk menulis dari apa yang didapatkan melalui lingkungan sekitar tempat mereka live in. Topik penulisan akan berkaitan dengan pengalaman peserta selama live in, seperti 1. Keugaharian, 2. Lingkungan hidup, 3. Kewirausahaan, 4. Pluralisme

Adapun retreat tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal       : Jumat – Minggu, 17-19 Juni 2016

Tempat                 : GKP Jemaat Lembang

 

Pandaftaran Online:

 

About Kristono

Penggiat Portal Oikoumene.id dan Radio Oikos Contact: Website | Facebook | Twitter | Google+ | YouTube | More Posts