|

Literasi Media Digital di Germita

TALAUD,PGI.OR.ID-Laju era digital tidak dapat terbendung lagi, merebak ke berbagai segi kehidupan termasuk juga dalam kehidupan bergereja. Menyikapi hal tersebut dan sebagai tindak lanjut Konsultasi Nasional Gereja dan Komunikasi ke 7 di Bandung, Germita mengadakan Seminar dan Workshop Literasi Media Digital Berperspektif Keadilan dan Perdamaian, 25-27 April 2017.

Kegiatan dilakukan di Jemaat Germita “Sanggaloma” Moronge Kepulauan Talaud, sekaligus sebagai rangkaian merayakan Ulang Tahun Jemaat ke 13.

germita2Dalam kotbah pembukaan seminar dan workshop yang diambil dari Amsal 1:5-7, Pdt. Richard William Sasauw M Teol selaku Sekum Germita menyatakan kegiatan ini bentuk pencarian hikmat agar bertambah pengetahuan dan pengertian kita secara teknis, praktis, dan teologis yang kemudian dapat digunakan dalam peningkatan pelayanan kepada jemaat.

Pdt. Firdaus Majusip MTh, D.Min pada kata sambutan pembukaan menyampaikan “Suatu panggilan bagi Germita untuk menata dan mengembangkan pelayanan di era digital. Gereja harus ikut serta bersama dengan perkembangan dunia dan teknologi namun tanpa harus meninggalkan identitas sebagai persekutuan yang mesra antara satu dengan lain termasuk dengan Tuhan. Pertemuan tatap muka dalam gereja tetaplah penting dalam penggembalaan jemaat”.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Ibu Sri Wahyumi Maria Manalip SE memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Germita adalah pilar dalam pembangunan masyarakat selama ini. Kegiatan ini adalah juga peran Germita dalam pembangunan, khususnya dalam bidang teknologi dan informasi. Sehingga dapat memberikan respon teologis terhadap perkembangan teknologi, yang pada akhirnya warga gereja dapat berperan aktif dalam pengembangan pembangunan teknologi informasi khususnya untuk pembangunan masyarakat di Kepulauan Talaud.

Tari Perang Bara’a dan pengalungan bunga mengawali penyambutan pembukaan seminar dan workshop literasi media ini. Peserta berjumlah 378 orang dari seluruh Gereja Germita. Dalam kegiatan ini para peserta akan bekerjasama memanfaatkan media internet untuk pelayanan dan komunikasi dengan didampingi Yakoma PGI.

About PGI

Admin Website PGI Staf Komunikasi dan Informasi PGI Contact: Website | More Posts