|

LAI Akan Mencetak 25 Juta Eksemplar Alkitab

PGI.OR.ID – ”Pada bulan September nanti, jika Tuhan mengizinkan, LAI akan mencetak Alkitab ke-25 juta,” ungkap Duta Pranowo, Sekum Lembaga Alkitab Indonesia, pada konferensi pers, Selasa (18/2), di Kupang.

Pencetakan Alkitab ke-25 juta itu akan menjadi salah satu tonggak pelayanan LAI di bumi Indonesia, sekaligus menyemarakkan Yubileum 60 tahun pelayanan LAI.

Yubileum tahun ini memang agak istimewa karena bertepatan dengan peringatan tiga hal penting bagi penerbitan Alkitab di Indonesia — peringatan 385 tahun penerbitan Alkitab Bahasa Melayu tahun 1629, yang diterjemahkan Albert C. Ruyl, seorang saudagar muda Kompeni (VOC). Juga, 200 tahun (Bicentennial) pekerjaan Lembaga Alkitab di Indonesia, sejak Letnan Gubernur Jenderal Raffless mendirikan Java Auxiliary Bible pada 4 Juni 1814 di Batavia. Pada 2014, juga peringatan 40 tahun Alkitab Terjemahan Baru yang terbit pada 1974.

Di bawah tema “Lihatlah, Aku Membuat Semuanya Baru!” (Why. 21:5), melalui Yubileum ini, LAI kembali mengajak Gereja untuk bersama-sama LAI mewujudkan misinya.

”Lembaga Alkitab Indonesia meyakini bahwa Alkitab merupakan jawaban atas persoalan moral bangsa sekarang ini,” jelas Pranowo, seperti dilansir satuharapan.com.

Peringatan syukur dalam Yubileum diungkapkan melalui serangkaian kegiatan sepanjang tahun 2014 dan digelar di beberapa kota. Dimulai dengan ibadah syukur di GPIB Tugu, Jakarta Utara, pada 9 Februari 2014. Kegiatan Yubileum HUT ke-60 LAI selanjutnya dipusatkan dan digelar di Kupang pada 19-21 Februari 2014.

Di Kupang bekerja sama dengan panitia local — didukung oleh seluruh Gereja interdenominasi – selain ibadah syukur, akan diselenggarakan Pekan Alkitab: Berbagai perlombaan untuk anak, remaja dan pemuda, seminar-seminar, serta pameran produk & benda-benda museum LAI. Pekan Alkitab juga akan diselenggarakan di Tulang Bawang, Lampung (26-29 Maret), Tagulandang, Sulawesi Utara (15-17 Mei), dan Blitar, Jawa Timur (4-6 Juli).

Dalam rangka menjangkau generasi muda, LAI juga menyelenggarakanYouth E-Gathering, di Vila Taman Eden, Kaliurang, Yogyakarta, 23-25 Juni 2014 dan Jambore  Anak Nasional Kinasih, Bogor 4-6 Juli 2014.

Sepanjang tahun 2014 ini LAI akan meluncurkan produk baru LAI, seperti:Alkitab Anak, Buku Pedoman Penafsiran Alkitab (PPA) Perjanjian Baru, BukuSejarah 60 Tahun LAI, Buku Replika (Facsimile) Injil Matius RuylPerjanjian Baru TagulandangAlkitab Mentawai, Buku Anda Bertanya LAI Menjawab, dan Ensiklopedia Alkitab.

Berkait dengan bencana di Sinabung dan Manado, pada April 2014 LAI berencana membagikan 25.000 eksemplar Alkitab kepada keluarga-keluarga.

Semua kegiatan ini, lanjut Pranowo, ”Merupakan tindak lanjut Komitmen Kemitraan LAI dengan Gereja-gereja, yang dideklarasikan pada 9 Mei 2012 dalam Konferensi Nasional LAI dengan Gereja-gereja dan Sinode Gereja di seluruh Indonesia.”

Sumber: http://indonesia.ucanews.com/2014/02/19/lai-telah-cetak-alkitab-25-juta-eksemplar/

About PGI

Admin Website PGI Staf Komunikasi dan Informasi PGI Contact: Website | More Posts

Leave a comment