|

Ketua Umum PGI: “Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Ada Lembaga yang Punya Kuasa Absolut”

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato

JAKARTA,PGI.OR.ID-Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette Hutabarat-Lebang yang hadir dalam Sidang Tahunan MPR RI 2017 di Gedung Nusantara di Senayan, Jakarta, Rabu (16/8) mengungkapkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pidatonya mengatakan bahwa tidak ada satu lembaga negara pun yang memiliki kekuasaan absolut, memiliki kekuasaan lebih besar dari lembaga negara yang lain.

“Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada semua lembaga negara atass kerjasama. Dan diharapkan seluruh lembaga negara saling mendukung, dan mengingatkan tidak ada lembaga yang mempunyai kuasa absolut,” jelas Pdt. Ery, panggilan akrab Ketua Umum PGI.

Presiden Jokowi, lanjut Pdt Ery, juga menghimbau kepada semua agar belajar dari sejarah untuk menatap masa depan. Pelajaran dari sejarah kemerdekaan yang kita raih karena anak bangsa mampu bekerjasama.

“Jokowi menegaskan 72 tahun kita merdeka, kita bersyukur atas hal-hal yang telah kita capai. Namun kita menyadari bahwa manfaat pembangunan belum dialami oleh semua, keadilan sosial belum merata. Apabila kita mau bersatu, mau bekerja sama, bersama bekerja kita bisa menghadapi tantangan globalisasi. Perhatian akan lebih menyentuh daerah terpencil dan kawasan perbatasan,” katanya.

Ketua Umum PGI juga menyinggung pidato Ketua MPR Zulkifli Hasan, yang pada saat itu mengajak kita untuk belajar dari keteladanan para pemimpin bangsa dalam menghidupi nilai-nilai Pancasila, menghargai perbedaan.

“Ketua MPR juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Dia juga menekankan etika berkebangsaan, pemerataan ekonomi yang berkeadilan, dan keberhasilan ekonomi karena berbasis ekonomi rakyat,” ujar Pdt. Ery.