|

Jokowi Minta Umat Konghucu Bantu Kuatkan Nilai Pancasila

Ketua Umum Matakin Uung Sendana L Linggaraja ditemui wartawan usai bertemu Presiden Jokowi

JAKARTA,PGI.OR.ID-Pengurus agama Konghucu yang tergabung dalam Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Jokowi berpesan agar umat Konghucu berperan aktif dalam penguatan nilai-nilai Pancasila.

“Presiden menginginkan Matakin berperan aktif dalam penguatan nilai-nilai Pancasila. Matakin selama ini aktif menjaga kerukunan umat beragama,” ujar Ketua Umum Matakin Uung Sendana L Linggaraja setelah bertemu dengan Presiden Jokowi, Senin (14/8).

Uung mengatakan pembicaraan pihaknya dengan Jokowi seputar masalah kebangsaan. Di hadapan Jokowi, Uung menyebut Konghucu mendukung penuh penguatan Pancasila. “Bagaimana ke depan bangsa dan negara kita berjalan lebih baik. Bagaimana semangat persatuan ditingkatkan. Sehingga tidak itu-itu saja membahas,” terangnya.

Pada pertemuan itu, Jokowi menegaskan komitmennya menyelesaikan permasalahan ekonomi saat ini, termasuk soal daya beli masyarakat. Menurut Jokowi, kata Uung, masyarakat harus dapat mengikuti perkembangan teknologi. “Ini terjadi perubahan konsumen sejalan dengan berkembangnya teknologi digital. Seperti pesan antar beli makanan,” terangnya.

Menyoal isu radikalisme dan intoleransi, Uung mengatakan pihaknya terus membuka komunikasi dengan tokoh-tokoh lintas agama untuk saling menghormati dan menghargai. “Pemerintah sudah menaruh perhatian serius pada masalah itu,” kata Uung. (detikcom/d)

About PGI

Admin Website PGI Staf Komunikasi dan Informasi PGI Contact: Website | More Posts