|

Doa dan Solidaritas bagi Korban Gempa di Nepal

"Dia yang mempedulikan ciptaanNya, terutama yang menderita dan mengerang kesakitan"

PGI.OR.ID – Ungkapan dukacita yang mendalam dalam doa dan solidaritas dari gereja-gereja di Indonesia atas musibah di Nepal. Nepal dilanda gempa berskala 7,8 Richter, Sabtu (25/4). Gempa dan tremor mengguncang negara Nepal dan juga dirasakan akibatnya di negara tetangga, bencana ini telah membawa korban meninggal hingga ribuan orang, bahkan diperkirakan mencapai puluhan ribu orang.

Dalam solidaritas kemanusiaan tersebut Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menghimbau gereja-gereja di berbagai belahan dunia, khususnya Indonesia, dan berbagai lembaga dan gerakan kemanusiaan yang ada untuk dapat bahu membahu – membantu meringankan penderitaan para korban dan Keluarga. PGI akan menyalurkan bantuan Solidaritas melalui Dewan Gereja Nepal.

Gempa dasyat yang terjadi di Nepal memberikan refleksi bahwa musibah ini kembali mengingatkan kita betapa kedahsyatan kekuatan alam masih belum mampu dikendalikan oleh umat manusia, dan betapa terbatas dan ringkihnya kemanusiaan kita. Hal ini hendaknya sekaligus menyadarkan kita, betapa masih banyaknya misteri alam semesta ini. Hal ini hendaknya mengingatkan kita untuk lebih bersahabat lagi dengan alam ciptaan Tuhan ini.

Dalam doa dan solidaritas kemanusiaan ini, Gereja-gereja di Indonesia dan PGI turut merasakan dukacita keluarga para korban yang jumlahnya cukup besar.  Semoga mereka mendapat kekuatan dan ketabahan ditengah  kehilangan anggota keluarga yang terjadi sekonyong-konyong.
Melalui ajakan doa ini, juga mengajak mendoakan pemerintah Nepal dan semua yang tergerak untuk membantu para korban, semoga mendapat kekuatan dan kebijaksanaan dari sang Pencipta.  “Dia yang mempedulikan ciptaanNya terutama yang menderita dan mengerang kesakitan.”