|

DGD Serukan 10 Mei 2015, Hari Doa Perdamaian Sudan Selatan

We Need Peace. (Foto: WCC/Paul Jeffrey) We Need Peace. (Foto: WCC/Paul Jeffrey)

PGI.OR.ID – Dewan Gereja Dunia – DGD (World Council of Churches – WCC) menyerukan untuk menyelenggarakan sebuah hari doa yang diperuntukan bagi proses perdamaian yang tengah berlangsung di Sudan Selatan, setelah DGD mencermati situasi tragis selama 17 bulan terakhir.

DGD mengundang gereja anggota untuk berdoa khusus pada hari Minggu, 10 May 2015, bagi mereka yang terkena dampak konflik Sudan Selatan, untuk memulai kembali pembicaraan yang berbuah pada perdamaian dengan cara-cara baru di hari-hari mendatang.

DGD telah mendampingi gereja-gereja di Sudan Selatan selama lebih dari 40 tahun. Pada bulan April tahun ini, DGD bekerja sama dengan Dewan Gereja Sudan Selatan yang terdiri dari dua puluh pemimpin gereja dan perwakilan dari Sudan Selatan dan Ethiopia, bersama dengan lembaga terkait, bertemu di Addis Ababa untuk merefleksikan situasi tragis konflik di Sudan Selatan, menyusul dengan runtuhnya pembicaraan damai antara pihak yang berkonflik, dan dengan demikian diperlukan cara-cara yang lebih baru dan segar.

“Konflik kekerasan telah berlangsung sampai ke bulan ke-17, Sudan Selatan bagaikan tengah menunggu dengan kesakitan yang luar biasa untuk bisa kembali ke era perdamaian”, kata Sekjen DGD Pendeta Dr Olav Fykse Tveit yang menyampaikan seruan hari doa, bersama Dr Agnes Abuom, moderator Komite Sentral DGD, kepada gereja-gereja.

Tveit menggaris bawahi, “Para pemimpin gereja memainkan peran penting untuk membawa perdamaian ke Sudan Selatan. Gereja-gereja yang mewakili rakyat dan masyarakat sipil dan bisa menyatukan negara. Oleh karena itu, DGD mengajak gereja-gereja dan umat Kristen di seluruh dunia untuk menaikan doa khusus, untuk mengembalikan harapan bagi semua orang yang terdampak dari situasi ini konflik, dan untuk memperkuat semua inisiatif baik bagi perdamaian.”

Tveit menambahkan: “DGD akan mencoba untuk mengambil inisiatif perdamaian baru di Sudan Selatan dengan pemimpin gereja, aliansi ACT dan mitra oikoumene di sekitar wilayah.”

DGD sekarang mengundang gereja-gereja untuk berdoa bersama pada hari Minggu, tanggal 10 Mei 2015 bagi proses perdamaian Sudan Selatan, menggunakan bahan liturgi termasuk doa, nyanyian dan slideshow foto dengan tema kehidupan di Sudan Selatan, semua tersedia melalui website DGD yakni di http://oikoumene.org.

About PGI

Admin Website PGI Staf Komunikasi dan Informasi PGI Contact: Website | More Posts